Perlombaan Global Mencari Vaksin COVID-19, Moderna Ujicoba Bulan Juli

maiwanews – Sebuah perusahaan bioteknologi di Amerika Serikat berencana akan melakukan percobaan vaksin COVID-19 Juli bulan depan. Ini adalah untuk pertama kalinya perusahaan bernama Moderna itu melakukan percobaan terhadap kandidat vaksin secara luas. Pengembangannya dilakukan bekerjasama dengan Lembaga Nasional Kesehatan Amerika.

Dikatakan bahwa ujicoba vaksin akan melibatkan 30 ribu orang, sebagian dari sukarelawan itu akan diberi kandidat vaksin dan sebagian lainnya diberi plasebo, demikian dikabarkan VOA Indonesia Jum’at 12 Juni.

Dari China dikabarkan perusahaan serupa, Sinovac, juga akan menguji calon vaksin Corona Virus Disease 2019 (COVID-29) bulan depan. Sebanyak 9.000 sukarelawan asal Brazil terlibat dalam percobaan itu. Sebuah universitas di Inggris, Oxford, juga mulai menguji kandidat vaksin virus korona di Brazil.

Pemerintahan Presiden Donald Trump (Amerika Serikat/AS) diberitakan menjalin kerjasama dengan sejumlah laboratorium swasta dalam upaya menemukan vaksin korona. Diharapkan melalui kerjasama itu dapat menyediakan 300 juta dosis vaksin COVID-19 awal Januari 2021 tahun depan.

Angkatan Darat (AD) Amerika menargetkan vaksin COVID-19 ditemukan akhir tahun, Brigadir Jenderal (Brigjen) AD Michael Talley, pimpinan Medical Research and Development Command (MRDC) Angkatan Darat, mengatakan kepada wartawan Selasa 2 Juni lalu.

Beberapa kalangan tidak begitu antusias menanggapi upaya-upaya menemukan vaksin virus korona, para pakar mengatakan tidak ada jaminan vaksin akan berhasil maksimal. Kemungkinan vaksin itu hanya akan memberikan perlindungan selama beberapa bulan. (VOA/ii/ft/maiwanews)