Peselancar di Gold Coast Australia Tewas Akibat Serangan Hiu

maiwanews – Seorang peselancar tewas akibat serangan seekor ikan hiu di kawasan wisata Gold Coast, Australia, Selasa 8 September. Beberapa peselancar lainnya berhasil membawa pria tersebut ke pantai namun menemui ajalnya dalam keadaan luka parah.

Pihak berwenang di ngara bagian Queensland mengatakan tim medis menyatakan luka gigitan hiu menjadi penyebab peselancar itu meninggal dunia.

Sejak tahun 1962, 85 pantai di Queensland dipasangi jaring dan alat pemantau hiu. Pemasangan jaring dilakukan demi keamanan orang, termasuk para wisatawan. Hingga kini telah dua orang korban meninggal akibat serangan hiu di kawasan itu.

Belum diketahui secara pasti bagaimana pemangsa bawah lauti itu bisa mendekati pantai. Beberapa kalangan menduga hiu itu menyelam dari bawah atau ujung jaring sehingga lolos dari pantauan.

Serangan hiu di Australia sepanjang tahun 2019 sudah mencapai 27, tapi tidak menyebabkan kematian. Berbeda dengan tahun ini, dimana tercatat tiga kematian akibat serangan hiu sebelum kejadian di Gold Coast ini.

Pada bulan Juni lalu seorang peselancar tewas di Kingscliff setelah diserang hiu saat berselancar. Kingscliff berada sekitar 100 kilometer dari selatan Brisbane. Saat itu hiu dengan panjang badan tiga meter menyerang dan mengoyak kakinya. Ia sempat diberi pertolongan pertama atas cedera serius di kaki kirinya setelah beberapa peselancar lain membantu mengevakuasi korban dan menghalau hiu tersebut. (VoA/ab/uh)