Pfizer dan BioNTech Sepakat Produksi Vaksin di Afsel

Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech. 30 Juni 2021.

maiwanews – Perusahaan bioteknologi Pfizer dan BioNTech Rabu 21 Juli capai kesepakatan dengan Institut Biovac di Afrika Selatan (Afsel) untuk memproduksi vaksin COVID-19 di negara itu. Para pihak juga sepakat produk vaksin nantinya didistribusikan di wilayah Afrika.

Institut Biovac dikatakan akan memproduksi 100 juta dosis vaksin COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) per tahun terhitung sejak 2022. Perusahaan di Cape Town Afsel itu akan mencampur bahan vaksin dari Eropa, mengemasnya dalam botol, kenudian didistribusikan ke 54 negara di Benua Afrika.

Kesepakatan itu diharapkan dapat membantu mengurangi kekurangan vaksin di Afrika. Pihak Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Afrika mengatakan vaksinasi telah dilakukan terhadap kurang dari 2 persen dari 1,3 miliar populasi.

Menurut CEO Pfizer Albert Bourla, produksi dan distribusi vaksin di Afrika bertujuan untuk memenuhi kebutuhan vaksin di wilayah itu.

Sebelumnya, vaksin Johnson & Johnson telah diproduksi di Afsel untuk didistribusikan di Benua Afrika. Kapasitas produk vaksin itu di Afsel lebih dari 200 juta dosis per tahun. (z/VOA)