PLN: Program Kompor Induksi Batal, Tarif Tidak Naik, 450 VA tak Dihapus

maiwanews – Setelah mendapat kritik dari sejumlah pihak termasuk DPR, PT PLN (Persero) akhirnya membatalkan program pengalihan kompor LPG 3 kg ke kompor listrik.

Direktur Utama PT PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, pembatalan ini dilakukan untuk menjaga kenyamanan masyarakat melalui penyediaan listrik yang andal di tengah pemulihan ekonomi pasca pandemi covid-19.

“PLN memutuskan program pengalihan ke kompor listrik dibatalkan. PLN hadir untuk memberikan kenyamanan di tengah masyarakat melalui penyediaan listrik yang andal,” ucap Darmawan dalam keterangan resmi, Selasa (27/9).

Selain itu, Darmawan juga memastikan tarif listrik tak naik termasuk tidak ada penghapusan golongan pelanggan dengan daya 450 volt ampere (VA). Hal ini kata dia, telah diputuskan oleh pemerintah melalui Kementerian ESDM.

Sebelumnya, niat pemerintah menaikkan tarif listrik, menghapus golongan pelanggan dengan daya 450 volt ampere (VA) dan melakukan konversi dari kompor gas ke kompor listrik ditentang keras masyarakat.

Rencana pemerintah tersebut dinilai akan semakin memberatkan ekonomi warga padca pandemi covid-19, terlebih pemerintah baru saja memutuskan menaikkan harga BBM bersubsidi yang diikuti dengan kenaikan sejumlah bahan kebutuhan.

Aksi demonstrasi mahasiswa dan juga elemen masyarakat lain menentang kenaikan harga BBM sendiri hingga kini masih terus berlangsung di sejumlah kota di Indonesia sejak pengumuman resmi kenaikan pada 3 September lalu.

BERITA LAINNYA

.