Plt Gubernur Sulsel Tinjau Pompanisasi dan Embung di Enrekang

20210905-andi-sudirman-sulaiman-di-enrekang
Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman meninjau program pompanisasi dan embung Benteng Alla di Kabupaten Enrekang. Minggu 5 September 2021.

maiwanews – Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman Minggu 5 September 2021 meninjau efektivitas program pompanisasi dan embung Benteng Alla di Desa Benteng Alla, Kecamatan Baroko, Kabupaten Enrekang, yang dibangun tahun 2020 oleh Pemprov Sulsel. Dengan adanya pompanisasi dan embung ini merupakan salah satu program kerja pemprov Sulsel dalam menghadirkan sarana infrastruktur dibidang pertanian yang dibawah kepemimpinan Andi Sudirman Sulaiman.

Sementara Embung terdiri dari satu embung utama dan tiga embung kecil, untuk umbung utama letaknya paling tinggi sementara embung kecil berada dibawah embung utama. Fungsi dari embung kecil yaitu untuk irigasi persawahan, perkebunan dan digunakan sebagai air baku untuk kebutuhan sahari-hari warga karena air sungai yang bersih.

Pompa air dengan deviasi 400 meter dangan embung utama lebik kurang 4,5 km ini sangat penting bagi masyarakat setempat karena mata air susah didapat dan medannya di ketinggian. “Alhamdulillah kita senang mendengar masyarakat telah menikmati manfaat dari program ini,” ujar Andi Sudirman.

Kepala Desa Benteng Alla, Saleh, mengucapkan terima kasih untuk Pemprov Sulsel dengan hadirnya program irigrasi pompanisasi di desa Benteng All. Karena program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dikarenakan di desa sangat kekurangan air. Karena di musim kemarau warga biasanya membeli air bersih Rp.50 ribu per 1.200 liter. Saleh menyampaikan ke pada Plt. Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, bahwa masih banyak desa lain yang sangat membutuhkan program irigasi ini. (FL/Humas Pemprov Sulsel)