Polri Pastikan Pulau Sumba Tidak Dijual

maiwanews – Polri memastikan Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur (NTT) tidak dijual. Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono Rabu 10 Februari mengatakan berita bahwa pulau tersebut dijual adalah hoax.

Melalui koordinasi dengan Polres Sumba Timur dan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat, maka dipastikan bahwa kabar Pulau Sumba dijual di situs Private Island Online tidak benar.

Berdasarkan penelusuran maiwanews, Private Island Online menawarkan jasa sewa atau beli pulau di berbagai negara termasuk Indonesia. Saat diakses pada Rabu 10 Februari, ada 4 pulau di wilayah Indonesia tersedia untuk disewa. Keempat pulau itu adalah Pulau Macan di Kepulauan Seribu, Pulau Joyo di Kepulauan Riau, Pulau Pangkil di dekat Singapura, dan Isle Des Indes di Kepulauan Seribu Jakarta.

Adapun status dijual sebanyak 9 pulau, masing-masing adalah: Tojo Una Una di Sulawesi Tengah, Gili Tangkong di Lombok Barat, Ayam di Kepri, Gili Nanggu NTB, Panjang NTB, Kembung dan Yudan Riau, Properti Pantai Berselancar di Sumba, Bingkai A di Mentawai Sumatera, dan Properti di Pulau Sumba.

Pada situs itu juga mencantumkan keterangan bahwa “Hukum Indonesia tidak mengizinkan kepemilikan pribadi atas sebuah pulau. Namun saham bisnis resor dapat dijual kepada siapa saja“. (Polri/Private Island Inc.)