PON XX Papua, BNPB Siapkan Relawan Disiplin Prokes

20210926-bnpb-latihan-mendirikan-tenda
Kasubsatgas Kota Jayapura Riswandi (baju oranye) memberi instruksi cara mendirikan tenda. Minggu 26 September 2021.

maiwanews – BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) menyiapkan relawan untuk penguatan disiplin menjalankan prokes (protokol kesehatan) pada PON (Pekan Olahraga Nasional) di Provinsi Papua.

Pengawas (supervisor) Satgas (Satuan Tugas) Prokes Imam Pramukarno Minggu 26 September mengatakan pembekalan dalam upaya peningkatan kapasitas relawan termasuk bagaimana cara mendirikan tenda untuk gerai masker di beberapa tempat. Hal itu disampaikan di Posko Subsatgas Kota Jayapura.

Pada kesempatan itu para relawan antusias dan mengikuti arahan. Mereka kebanyakan berasal dari mahasiswa dan lembaga masyarakat di sekitar Kota Jayapura. Penempatan para relawan akan mempertimbangkan jarak domisili relawan bersangkutan agar memudahkan transportasi.

Relawan penguatan disiplin prokes sebelumnya telah menerima pembekalan dengan mateteri berbeda, seperti pendekatan kepada masyarakat saat pembagian masker maupun penerapan disiplin prokes. Para relawan juga mendapat pelatihan bagaimana mengimbau masyarakat dengan cara sopan dan baik terkait pentingnya disiplin menerapkan prokes, termasuk menghindari kerumunan.

Kegiatan pembekalan diikuti 125 relawan di Kota Jayapura. Dengan peningkatan kapasistas diharapkan mereka mampu menyampaikan pesan positif mengenai pentingnya menerapkan prokes sembari tetap menikmati gelaran pesta olahraga nasional dengan aman dan terhindar dari penyebara COVID-19 (Corona Virus Disease 2019).

Selain pembekalan, petugas telah menyiapkan keperluan lain berkaitan dengan penegakan disiplin prokes. Subsatgas Kota Jayapura hingga hari ini telah membagikan 19 ribu masker, disebar melalui gerakan mobil masker untuk masyarakat dan gerai masker di lokasi (venue). (z/BNPB)