PON XX Rencana Digelar Oktober 2021, Mengutamakan Prokes

maiwanews – Pekan Olahraga Nasional XX rencana diseleggarakan pada tanggal 2 sampai 15 Oktober 2021 di Provinsi Papua. Pada kesempatan itu juga akan digelar Pekan Paralimpiade Nasional XVI. Sebelumnya rencana penyelenggaraan sempat mengalami penundaan dari tahun 2020 akibat pandemi.

Rencana waktu penyelenggaraan itu terungkap dalam rapat terbatas (ratas) persiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) di Istana Merdeka Jakarta Senin 15 Maret. Disampaikan pula bahwa keamanan dan keselamatan atlet dan pihak-pihak terkait menjadi perhatian khusus pemerintah.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dalam keterangan persnya usai ratas mengatakan Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe menyampaikan kesiapan untuk menjadi pelaksana kegiatan olahraga skala nasional itu.

Menteri Zainudin juga menyampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi arahan agar seluruh kontingen harus melalui proses vaksinasi. Tidak hanya atlet, pelatih, ofisial, tapi mayarakat sekitar juga diminta untuk divaksin COVID-19 (Corona Virus Disease 2019).