Porsche dan Pronoc Kerja Sama Bisnis Sepeda Listrik

20220806-mobil-porsche-angkut-dua-sepeda-porsche-pub2agu2022
Sebuah mobil Porsche mengangkt dua unit sepeda merek Porsche. 2 Agustus 2022. (Foto: Porsche)

maiwanews – Pabrikan mobil mewah asal Jerman Porsche bersama perusahaan Belanda Ponooc Investment menjalin kerja sama membangun dua usaha gabungan untuk meningkatkan aktivias di segmen sepeda listrik.

Usaha gabungan pertama adalah Porsche eBike Performance GmbH, berbasis di Ottobrunn dekat Munich Perusahaan ini akan mengembangkan sistem penggerak listrik untuk kendaraan roda dua, termasuk baterai, motor, maupun arsitektur perangkat lunak.

Usaha gabungan kedua adalah P2 eBike GmbH, berbasis di Stuttgart. Perusahaan ini akan menggunakan sistem penggerak dari Porsche eBike Performance GmbH untuk meluncurkan generasi baru sepeda listrik (e-bike) Porsche pada pertengahan dekade ini.

Pada proyek bersama ini, Porsche dan Ponooc menunjuk tim manajemen. Jan Becker, mantan CEO Porsche Lifestyle GmbH & Co. KG, menjadi pimpinan manajemen Porsche eBike Performance GmbH. Rekannya di P2 eBike GmbH adalah Moritz Failenschmid, ia juga Managing Director di Focus Bikes.

“Kami melihat potensi besar Porsche di segmen sepeda listrik. Inilah sebabnya kami konsisten memperluas kegiatan di area ini”, ungkap Lutz Meschke, Wakil Ketua Dewan Eksekutif Porsche AG, juga merupakan Anggota Dewan Eksekutif untuk Keuangan dan IT (Information and Technology).

Porsche AG pada pernyataannya Rabu (03/08/2022) dari Stuttgart menebutkan bahwa Jan Becker dan Moritz Failenschmid telah terbukti keahliannya dalam hal menyiapkan dan mengembangkan usaha berorientasi ke depan dan ke pelanggan. Keduanya akan membuktikan kemampuan mereka pada usaha patungan (joint venture) ini.

Selain menjalin kerja sama dengan Pronoc, Porsche juga berakselerasi di segmen sepeda listrik dengan mengakuisisi saham beberapa perusahan sepeda listrik. (jup/Porsche)