Potensi Vaksin COVID-19 Bernilai Miliaran Dolar Diuji pada Manusia

maiwanews – Sebuah perusahaan bioteknologi Amerika Serikat sedang mengembangkan vaksin COVID-19. Perusahaan bernama Novavax tersebut mulai mengupayakan vaksin sejak Januari lalu.

Salah satu vaksin potensial hasil penelitian Novavax itu adalah NVX-CoV2373. Jika berhasil, diharapkan dapat diproduksi hingga 100 juta dosis pada akhir tahun ini. Kemudian tahun depan diproduksi sebanyak 1,5 miliar dosis.

Sebuah ujicoba terhadap vaksin COVID-19 dilalukan di Australia. Ujicoba itu melibatkan dr Paul Griffin, seorang ahli penyakit menular.

Dalam sebuah pernyataan dr Paul mengatakan tim mencari antibodi, jenis serta jumlah antibodi. Percobaan dilanjutkan dengan tes darah untuk mengambil beberapa unsur dari peserta uji. Tim juga melakukan berbagai uji laboratorium untuk menunjukkan bahwa antibodi tersebut menetralkan virus.

Menurut dr Paul Griffin, jika percobaan-percobaan menunjukkan hasil memuaskan, kemungkinan vaksin akan diproduksi massal pada akhir tahun.

Uji coba pada manusia pertama kali dilakukan di Australia. 131 orang berusia antara 18-59 terlibat dalam program di Melbourne dan Brisbane.

Pihak berwenang Australia mengatakan percobaan tersebut adalah langkah maju. Dimana saat ini ada persaingan global untuk menciptakan vaksin Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Beberapa peserta uji coba akan mendapat plasebo sementara peserta lainnya akan diberikan obat Novavax.

Novavax telah menerima 388 juta dolar AS dari Koalisi Kesiapsiagaan Epidemi, berbasis di Norwegia. Lebih dari 100 vaksin potensial untuk mengatasi virus korona sedang dikembangkan. Sekitar puluhan telah mencapai tahap percobaan pada manusia.

Pencarian vaksin ini merupakan persaingan global, berpotensi bernilai miliaran dolar bagi penemu pengobatan aman dan andal. COVID-19 telah menewaskan hampir 350.000 orang di seluruh dunia. (BBG Direct/my/jm)