PPKM Jawa Bali Kembali Diperpanjang Hingga 13 Desember

Demo Aliansi Karyawan MTC Makassar tolak PPKM. Rabu 4 Agustus 2021.

maiwanews – Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) untuk wilayah Jawa dan Bali selama dua pekan ke depan yang dimulai hari ini hingga 13 Desember 2021 mendatang.

Perpanjangan pemberlakuan PPKM tersebut tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) terbaru Nomor 63 Tahun 2021 tentang PPKM Level 1, 2, dan 3 di wilayah Jawa-Bali.

Sejumlah ketentuan baru dalam aturan tersebut antara lain, semua bioskop di wilayah dengan status PPKM level 1 hingga 3 dapat beroperasi dengan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai.

Dalam aturan baru tersebut juga disebutkan, pada wilayah dengan status PPKM level 3, kapasitas bioskop dapat digunakan maksimal 50 persen dan hanya pengunjung dengan kategori hijau dan kuning dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk. Sementara pada wilayah dengan PPKM status level 2, kapasitas bioskop yang dapat digunakan adalah maksimal 70 persen.

Aturan itu juga menyebutkan bahwa anak dengan usia di bawah 12 tahun, dilarang masuk restoran atau rumah makan. Sementara kafe di dalam area bioskop diizinkan menerima makan di tempat (dine in) dengan kapasitas maksimal 50 persen dan waktu makan maksimal 60 menit.

Sejumlah warga masyarakat berharap pandemi covid-19 segera berakhir dan aturan PPKM tak ada lagi. Dengan demikian, kegiatan keseharian bisa berjalan normal kembali termasuk kegiatan usaha yang praktis tiarap selama masa pembatasan.