Prediksi WHO: Vaksin COVID Tersedia Paling Cepat Pertengahan 2021

maiwanews – Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan tidak mungkin vaksin aman dan efektif melawan COVID-19 tersedia untuk digunakan secara luas sebelum pertengahan tahun depan. Masyarakat dunia diminta menurunkan ekspektasi mereka, pejabat kesehatan mengatakan pengembangan vaksin aman dan efektif membutuhkan waktu dan tidak dapat diburu-buru.

Saat ini Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) melaporkan kemajuan luar biasa sedang dibuat untuk mencapai tujuan ini. Catatan WHO menyebutkan setidaknya enam hingga sembilan kandidat vaksin telah memulai uji klinis fase 3.

Juru bicara WHO Margaret Harris Jumat 4 September mengatakan ribuan orang berpartisipasi dalam uji coba tersebut. Dia mengatakan vaksin harus terbukti aman dan terlihat memberikan perlindungan terhadap virus korona setidaknya pada 50% subjek sebelum dapat disetujui untuk digunakan publik.

Harris mengatakan keamanan vaksin harus dipantau di semua tahapan penelitian, karena itu butuh proses panjang. WHO dikatakan yakin semua negara harus bekerja sama dalam mencari vaksin Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Dia mengatakan berbagi dan membandingkan data itu penting dan akan menghasilkan vaksin untuk melindungi semua orang. (VoA/Lisa Schlein)