Presiden Ingatkan Gubernur Pantau Kasus Covid

maiwanews – Presiden Joko Widodo mengingatkan para gubernur untuk tetap memantau pergerakan kasus COVID-19. Seruan ini disampaikan setelah terjadi peningkatan kasus positif baik di Asia maupun Eropa. Kasus di Indonesia juga mengalami peningkatan, meski masih di bawah negara-negara lain.

Saat memberikan arahan ke para Gubernur Menghadapi Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Jawa Barat Selasa 1 September, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan perkembangan kasus covid di Indonesia masih terkendali.

Data 31 Agustus menyebutkan jumlah kasus positif sebanyak 175.000 dari 2,23 juta ujicoba. Tingkat kesembuhan (case recovery rate) makin meningkat, bulan April mencapai 15%, bulan Agustus naik menjadi 72,1%, ada pergerakan lebih baik dibandingkan dengan rata-rata dunia yakni 69%.

Jumlah pasien dalam perawatan turun dari 77% pada bulan April menjadi 23,69% pada bulan Agustus. Angka ini lebih baik dari rata-rata dunia, yaitu sebesar 27%. Untuk kasus meninggal mengalami penurunan dari 7,83% di bulan April menjadi 4,2% di bulan ini. (Setkab/TGH/EN)