Presiden Joko Widodo Resmi Buka KTT G20 Bali

20220728-joko-widodo-jokowi-irianaprod27jul2022
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana

maiwanews – ┬áPresiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Hotel Apurva Kempinski Bali, Selasa (15/11/2022).

Sebelum membuka, Jokowi mengucapkan selamat datang kepada seluruh delegasi. “Para pemimpin selamat pagi. Hari ini saya nyatakan KTT G20 dibuka,” kata Jokowi.

Sebanyak 17 kepala negara hadir di KTT G20 diantaranya Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden China Xi Jinping dan juga pemimpin Komisi Eropa.

Tiga kepala negara yakni Rusia, Brasil dan Meksiko tidak bisa hadir dengan alasan masing-masing. Namun ketiganya diwakili oleh pejabat setingkat menteri.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan sesi berfoto satu per satu dengan Presiden Jokowi. Setelah itu, acara memasuki sesi pertama KTT membahas ekonomi global, keamanan pangan dan energi bertempat di Candi Ballroom.

Sesi kedua KTT G20 yang akan membahas tentang kesehatan, selanjutnya akan dilaksanakan di tempat yang sama setelah acara santap siang bersama di Rumah Bambu, Ocean Front Lawn, Apurva Kempinski.

Pada malam harinya, Jokowi akan menjamu makan malam para pemimpin G20 dan organisasi internasional di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park.

Setelah itu, acara selanjutnya adalah sesi berfoto bersama para pemimpin negara G20. Dalam acara ini, para delegasi dan undangan akan disuguhi berbagai atraksi dan penampilan budaya.