Presiden Jokowi Harapkan Tol Ciawi-Cigombong Beroperasi Juli 2018

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau pembangunan jalan tol Bocimi. (Foto: Setkab/BPMI)

maiwanews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap proyek pembangunan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) untuk ruas Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 1 dengan ruas Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer dapat beroperasi pada Juli tahun 2018.

Harapan itu disampaikan ketika meninjau langsung proyek tol Bocimi, Minggu 8 April sebagaimana dikutip laman resmi Setkab Senin 9 April. Ia menambahkan, proyek tol sampai ke Cibadak kira-kira selesai pada 2019, dan sampai Sukabumi Timur selesai 2020.

Presiden Jokowi melakukan peninjauan proyek pembangunan tol Bocimi (terletak antara Stasiun Cicurug dan Stasiun Cigombong) dalam perjalanan kembali ke Bogor dari Stasiun Cibadak Kabupaten Sukabumi pada pukul 16.05 WIB setelah sebelumnya melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi.

Menurutnya, titik utama kemacetan berada di sekitar Cibadak, dengan rampungnya tol Bocimi akan bisa mengurai kemacetan. Jika dari Ciawi ke Cigombong sudah dibuka maka dapat mengurai kemacetan cukup besar, apalagi jika sampai Cibadak pada 2019 nanti.

Terkait masalah pembebasan lahan, Presiden Jokowi mengaku tidak menerima laporan mengenai hal itu baik dari PU maupun BUMN pekerja proyek dimana biasanya ada sedikit masalah, pembangunan tol Bocimi secara keseluruhan menurutnya sudah berjalan baik.

Pada kesempatan itu Presiden Jokowi didampingi Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. (Setkab/BPMI/EN)