Presiden Luncurkan Akademi Sepak Bola Papua di Jayapura

20220831-joko-widodo-jokowi-swafoto-papua-prod31gu2022
Presiden Joko Widodo (kemeja putih memegang ponsel) berswafoto dengan anak-anak Papua di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura. Rabu, 31 Agustus 2022. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

maiwanews – Presiden Joko Widodo meluncurkan akademi sepak bola di Jayapura. Ia berharap ini dapat melahikan talenta dari Papua. Wilayah ini dikenal telah banyak melahirkan talenta sepak bola.

Presiden Jokowi (Joko Widodo) mencontohkan beberapa talenta dari Papua, antara lain Rully Nere, Yohanes Auri, , Aples Tecuari, Alexander Pulalo, Boaz Salossa, Elie Aiboy, Ramai Rumakiek, maupun Ricky Kambuaya.

Peluncuran akademi bernama Papua Football Academy atau disingkat PFA, berlansung Rabu (31/08/2022) di Kabupaten Jayapura, tepatnya di Stadion Lukas Enembe.

Akademi ini diperuntkkan bagi anak-anak Papua dengan rentang usia antara 14 hingga 15 tahun. Di sekolah sepak bola ini bakat mereka dalam bidang olahraga, utamanya sepak bola, akan diasah.

Presiden Jokowi memaparkan, di akademi ini anak-anak akan dilatih kedisiplinan secara rutin didampingi para pelatih bereputasi baik.

Anak-anak di PFA adalah talenta berbakat, mereka telah melalui berbagai proses seleksi dengan baik. Presiden Jokowi berharap kesempatan ini betul-betul dimanfaatkan untuk menimba ilmu sepak bola.

“Tadi Pak Dirut menyampaikan 477 anak diseleksi dan sekarang tinggal 30”, kata Presiden Jokowi. Ditambahkan, mereka adalah talenta berbakat.

Meski telah menjadi anggota PFA, anak-anak tetap mendapatkan pendidikan formal di sekolah. Presiden jokowi mengatakan, dengan demikian diharapkan peserta didik menjadi pemain bola dengan jiwa percaya diri dan karakter kuat, kompetitif, sportif, dan juga pandai dan pintar. (z/BPMI Setpres)