Presiden Luncurkan KKP Domestik dan QRIS Antarnegara

20220829-joko-widodo-jokowi-peluncuran-kkp-qris-prod29agu2022
Presiden Joko Widodo (kedua dari kiri) pada peluncuran KKP (Kartu Kredit Pemerintah) dan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) Antarnegara Senin, 29 Agustus 2022, di Gedung Thamrin, Bank Indonesia, Jakarta. (Foto: BPMI Setpres/Lukas)

maiwanews – Presiden Joko Widodo menilai Indonesia mampu mengikuti cepatnya perkembangan teknologi digital. Salah satunya adalah teknologi bidang ekonomi.

Demikian disampaikan Presiden Jokowi (Joko Widodo) pada acara peluncuran KKP (Kartu Kredit Pemerintah) Domestik dan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) Antarnegara. Kegiatan berlangsung Senin (29/08/2022) di Gedung Thamrin, BI (Bank Indonesia), Jakarta.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi atas peluncuran KKP Domestik dan QRIS Antarnegara oleh BI. Terlebih peluncuran dilakukan di tengah cepatnya perkembangan ekonomi digital.

Presiden Jokowi pada kesempatan tersebut menginstruksikan pihak BI dan perbankan untuk mendampingi kementerian atau lembaga serta pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota untuk dapat segera bergabung dalam platform KKP Domestik. Hal ini diharapkan segera terwujud agar tercipta kecepatan sistem pembayaran.

Kepada BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dan pemda (pemerintah daerah), Presiden Jokowi meminta agar meningkatkan belanja produk dalam negeri, tidak mengutamakan produk impor.

LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah) diinstruksikan untuk mengawal komitmen belanja produk dalam negeri. Mengutamakan pembelian produk lokal akan berdampak pada pergerakan ekonomi. (z/BPMI Setpres)