Presiden Mulai Lawatan ke Tiga Negara Asia Timur

20220725-joko-widodo-jokowi-iriana-pub25jul2022
Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana, Senin, 25 Juli 2022, memulai lawatan ke tiga negara Asia Timur. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

maiwanews – Pesiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana memulai lawatan ke tiga negara di kawasan Asia Timur. Ketiga negara masing-masing adalah Republik Rakyat Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan.

Hari ini, Senin (25/07/2022), rombongan bertolak menuju Beijing, RRT (Republik Rakyat Tiongkok/China). Dengan pesawat Garuda Indonesia (GIA-1), rombongan lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Provinsi Banten, sekitar pukul 14.00 WIB.

Presiden dan Ibu Negara akan menempuh penerbangan menuju Beijing Capital International Airport, RRT selama kurang lebih 7 jam. Pesawat diperkirakan tiba pada malam hari nanti.

Menlu (Meneri Luar Negeri) Retno Marsudi dalam keterangannya sebagaimana disampaikan BPMI Setpres (Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden) mengatakan, ketiga negara tersebut adalah mitra strategis Indonesia bidang ekonomi.

Menlu Retno memaparkan, ketiga negara tersebut juga merupakan mitra penting bagi organisasi regional ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) serta mitra penting dalam konteks G20 (Group of Twenty).

Menurutketerangan Menlu Retno, Presiden Jokowi (Joko Widodo) akan bertemu dengan pemimpin masing-masing negara untuk membahas sejumlah isu. Pembahasan akan terkait isu global hingga kerja sama di sejumlah bidang.

Isu-isu tersebut termasuk kerja sama perdagangan, investasi, kesehatan, perikanan, dan infrastruktur. Juga akan dibahas isu kawasan dan dunia. (z/BPMI Setpres)