Presiden Tinjau Proyek Pengembangan Sarana Hunian di Labuan Bajo

20220722-joko-widodo-jokowi-labuan-bajo-prod22jul2022
Presiden Joko Widodo saat meninjau proyek pengembangan sarana hunian di Labuan Bajo pada 22 Juli 2022. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

maiwanews – Pemerintah berupaya meningkatkan kualitas rumah swadaya untuk usaha pondok wisata di Kawasan Pantai Marina, Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, provinsi Nusa Tenggara Timur.

Langkah ini bertujuan agar masyarakat sekitar bisa mendapat manfaat dari pariwisata di wilayah tersebut. Demikian disampaikan Presiden Jokowi (Joko Widodo) dalam keterangannya Jumat (22/07/2022) saat meninjau Proyek Pengembangan Sarana Hunian Pendukung Kawasan Pariwisata di Kampung Baru, Labuan Bajo.

Penataan kawasan Marina dikatakan bukan hanya urusan penataan plasa, tapi juga penataan kampung. “Penataan kampung ini diarahkan agar hunian-hunian bisa mendapatkan manfaat dari pariwisata di Labuan Bajo”, ungkap Presiden Jokowi.

Presiden menjelaskan, saat ini pemerintah tengah berupaya agar rumah tidak layak huni menjadi layak huni. Langkah ini sekaligus meningkatkan kualitas rumah dengan fungsi usaha.

Upaya perbaikan kawasan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Pemerintah pusat bersama pemda (pemerintah daerah) melakukan renovasi rumah biasa menjadi pelaku usaha kios, kemudian dibuat pondok wisata (homestay).

Dengan langkah ini, diharapkan pariwisata di Labuan Bajo bermanfaat masyarakat dengan hunian kecil, tidak hanya untuk bintang 4 atau bintang 5 agar terjadi peningkatan kesejahteraan penduduk lokal.

Hal penting lainnya adalah bagaimana menjaga fasilitas baik pemeliharaan maupun kebersihan. Untuk itu, Presiden Jokowi memerintahkan pemerintah setempat memberikan pelatihan. (z/BPMI Setpres)