Program Vaksinasi COVID-19 India Terkendala Stok Vaksin

maiwanews – Program vaksinasi di India mengalami kendala akibat kurangnya stok vaksin COVID-19 (Corona Virus Disease 2019). India merupakan penghasil vaksin terbesar di dunia, namun produksi 70 juta suntikan per bulan belum mampu memenuhi kebutuhan vaksinasi di negara berpenduduk 1,4 miliar jiwa itu.

India telah mencoba mengimpor vaksin dari luar negeri, salah satu vaksin impor dari Rusia adalah Sputnik V sudah tiba pekan ini. Namun masih butuh waktu berbulan-bulan untuk mengatasi masalah kekurangan vaksin.

Srinath Reddy, dari Yayasan Kesehatan Umum India Rabu 5 Mei mengatakan jika mengambil kelompok usia 18-44 tahun, maka ada 595 juta penduduk akan divaksin. Itu berarti dibutuhkan 1,2 miliar dosis vaksin karena tiap orang butuh dua dosis vaksin. Ia menjelaskan pasokan vaksin tidak sebanding dengan kebutuhan.

Beberapa waktu lalu India mengumumkan telah berhasil melawan pandemi korona, India juga mengekspor sekitar 65 juta dosis vaksin. Para ahli menyebut India gagal mempersiapkan pasokan vaksin dalam negeri. (VOA)