Promosi Aliansi, Menlu AS Bertolak ke Jepang

maiwanews – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Michael R Pompeo melakukan perjalanan ke Tokyo Jepang 5-7 Oktober. Kunjungan tersebut sebagai langkah mempromosikan Aliansi kedua negara sebagai kekuatan untuk transparansi, akuntabilitas, keterbukaan, kemakmuran, dan perdamaian di Indo-Pasifik dan di seluruh dunia.

Laman resmi Departemen Luar Negeri (Deplu) Amerika Serikat menyebutkan hubungan AS-Jepang adalah landasan perdamaian, keamanan, dan kemakmuran di Indo-Pasifik. Aliansi kedua negara telah berlangsung puluhan tahun, dibangun di atas dasar komitmen bersama terhadap demokrasi, hak asasi manusia, pembangunan ekonomi, dan keamanan, di samping ikatan antar-warga secara dinamis dan ekstensif.

Aliansi ini juga dikatakan didasarkan pada kepentingan bersama, termasuk: pemeliharaan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik; pelestarian dan promosi kebebasan politik dan ekonomi; penghormatan terhadap hak asasi manusia dan dukungan untuk lembaga demokrasi; dan perluasan kemakmuran bagi rakyat kedua negara dan komunitas internasional secara keseluruhan.

Amerika Serikat dan Jepang menjalin kerja sama dalam berbagai masalah global, termasuk bantuan pembangunan, kesehatan global, perlindungan lingkungan dan sumber daya, serta pemberdayaan perempuan. Kedua negara bekerja sama untuk mempromosikan integritas dalam rantai pasokan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan untuk memastikan transisi aman ke jaringan 5G.

Amerika dan Jepang berkolaborasi secara luas dalam sains dan teknologi, dengan inisiatif bersama dimana telah menghasilkan ide dan kemajuan baru di berbagai bidang seperti penyakit menular, fisika partikel, komputasi canggih, plasma fusi, penemuan material, ilmu saraf, luar angkasa, biologi kanker, dan ketahanan terhadap bencana alam.

Kedua negar juga membuat kemajuan menuju visi bersama AS-Jepang tentang kawasan Indo-Pasifik bebas dan terbuka melalui berbagai kemitraan. Kemitraan tersebut diantaranya Kemitraan Energi Strategis Jepang-AS (Japan-U.S. Strategic Energy Partnership/JUSEP), Kemitraan Ekonomi Digital Strategis Jepang-AS (Japan-U.S. Strategic Digital Economy Partnership/JUSDEP), dan Japan-US-Mekong Power Partnership (JUMPP). (Deplu AS)