PUPR Genjot Belanja Infrastruktur Masuki Kuartal Ketiga 2020

maiwanews – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) mempercepat belanja infrastruktur untuk membantu pemulihan ekonomi nasional dan menjaga pertumbuhan ekonomi. Belanja infrastruktur terutama yang berdampak langsung mengurangi pengangguran dan mempertahankan daya beli masyarakat lewat Program Padat Karya Tunai (PKT/cash for work).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Senin 17 Agustus mengatakan pihaknya akan menggenjot semua program kerja pada kuartal ketiga tahun 2020. Bahkan program reguler dan padat karya kuartal keempat sebagian dilaksanakan pada kuartal ketiga. Pembangunan infrastruktur diharapkan dapat berkontribusi pada pemulihan ekonomi.

Tahun anggaran 2020, dikatakan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sangat diharapkan dapat membantu pemulihan ekonomi nasional. Kementerian PUPR harus bisa berkontribusi dalam upaya pemulihan ekonomi nasional dengan mempercepat realisasi fisik dan keuangan.

Hingga 17 Agustus 2020, penyerapan keuangan belanja infrastruktur KemenPUPR sudah mencapai Rp36,47 triliun, adapun total pagu TA 2020 Rp83,97 triliun (44%). Khusus program PKT rutin telah telah disalurkan Rp6,84 triliun atau sebesar 60,14%.

Kementerian PUPR juga melakukan perubahan skema kegiatan infrastruktur, semula bersifat reguler kemudian dilaksanakan dengan pola Padat Karya dengan alokasi anggaran Rp654 miliar dan target penerima manfaat sebanyak 80.000 orang. (KemenPUPR/Jay)

BERITA LAINNYA

.