Putin-Erdogan di Sochi Bahas Hubungan Bilateral Rusia-Turki

20220806-recep-tayyip-erdogan-vladimir-putin-pub5agu2022
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kiri) bersalaman dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) pada pertemuan di Sochi, Rusia. pada Jumat 5 Agustus 2022. (Foto: Kantor Kepresidenan Turki)

maiwanews – Presiden Rusia Vladimir Putin menggelar pertemuan dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Mereka membahas berbagai hal termasuk hubungan bilateral kedua negara.

Pada pertemuan Jumat (05/08/2022) di Sochi, Rusia, Pesiden Putin menyampaikan bahwa Rusia sedang mengerjakan proyek Pembangkit Listrik tenaga Nuklir Akkuyu di Turki.

Menyinggung TurkStream, Presiden Putin menyampaikan bahwa konstruksinya telah diselesaikan beberapa waktu lalu. TurkStream saat ini adalah salah satu rute terpenting untuk memasok Eropa dengan gas Rusia.

TurkStream beroperasi dengan baik, lancar, dan tanpa kegagalan. “Maksud saya tidak hanya pengiriman ke konsumen di Turki, tetapi, izinkan saya ulangi, juga ke konsumen di Eropa”, ungkap Presiden Putin.

TurkStream sebelumnya bernama Turkish Stream, adalah pipa untuk mengalirkan gas alam dari Rusia ke Turki. Gas dialirkan dari stasiun kompresor Russkaya dekat Anapa di Wilayah Krasnodar Rusia. Gas alam ini melintasi Laut Hitam ke terminal penerima di Kıyıkoy, Turki

“Saya percaya bahwa mitra Eropa kami harus berterima kasih kepada Turki karena memastikan transit gas berkelanjutan ke pasar mereka”, jelas Presiden Putin.

Mengenai pertemuan tersebut, Presiden Putin menyampaikan harapan keduanya akan menandatangani memorandum relevan tentang perkembangan lebih lanjut dari hubungan perdagangan dan ekonomi kedua negara.

Presiden Erdogan pada gilirannya menyampaikan bahwa ia percaya kedua negara dapat membuka halaman baru dalam hubunga bilateral. “Ini menyangkut energi, dan terutama koridor gandum melalui Laut Hitam tempat kami telah mengambil langkah”, kata Presiden Erdogan.

Dari sudut pandang Turki, Presiden Erdogan ingin mencatat bahwa Rusia memainkan peran khusus di panggung dunia. “Saya percaya bahwa kita perlu lebih fokus memerangi terorisme”, tegas Presiden Erdogan.

Solidaritas kedua negara dinilai sangat penting. Langkah-langkah Turki dalam melawan terorisme, dan pertemuan kedua pemimpin, diyakini oleh Presiden Erdogan akan memperkuat tren ini dan hubungan kedua negara.

Pertemuan bilateral di Sochi disebut sangat penting dalam hal menunjukkan peran Türki dan Rusia di kawasan. (z/Kremlin/Kantor Keprsidenan Turki)