Putin Hadiri Pembukaan Pameran Penerbangan MAKS 2021

Pesawat tempur taktis bermesin tunggal, Sukhoi, pada pameran industri penerbangan. Zhukovsky, Moskow, Rusia, Selasa 20 Juli 2021.

maiwanews – Presiden rusia Vladimir Putin menghadiri acara pembukaan Pameran Penerbangan dan Antariksa Internasional (MAKS-2021) ke-15 di Zhukovsky, Wilayah Moskow, Rusia, Selasa 20 juli. Pada pameran itu Presiden Putin disuguhi antara lain beberapa demonstrasi penerbangan.

MAKS International Aviation and Space Salon merupakan salah satu forum penerbangan terbesar di dunia. Kegiatan tahun ini dihadiri oleh sekitar 290 perusahaan asing dari lebih dari 50 negara secara langsung atau jarak jauh. Pameran penerbangan tersebut berlangsung di Zhukovsky dari 20 hingga 25 Juli.

Pameran itu menampilkan model-model canggih pesawat, peralatan, dan komponen Rusia. Misalnya salah satu keluaran baru Sukhoi yaitu pesawat tempur taktis ringan bermesin tunggal.

Presiden Putin pada acara itu menyampaikan bahwa segala sesuatu pada pameran di Zhukovsky itu menunjukkan dengan jelas bahwa penerbangan Rusia memiliki potensi pengembangan, dan bahwa industri pesawat terbang nasional terus menciptakan produk penerbangan baru dan kompetitif.

Ia menambahkan, MAKS Aviation and Space Salon saat ini menampilkan versi modifikasi MC-21 dengan mesin PD-14 buatan Rusia untuk pertama kalinya. Pesawat ini akan diikuti oleh pesawat regional Ilyushin Il-114–300, pesawat serbaguna bermesin ringan Baikal dan helikopter baru.

Presiden Putin juga menyampaikan keyakinannya bahwa teknologi modern, efektif, dan aman buatan Rusia akan membantu maskapai penerbangan Rusia memenuhi permintaan penumpang, dan akan menempati tempat layak di pasar global dan karenanya akan memperkuat posisi Rusia sebagai pemimpin di sektor kedirgantaraan. (z/Kremlin)