Putin Hadiri Pertemuan Informal Pemimpin APEC

Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri pertemuan informal pemimpin APEC. Moskow Rusia, Jumat 16 Juli 2021.

maiwanews – Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri pertemuan informal luar biasa peminpin Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik. Acara itu dipimpin Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern dan digelar secara virtual melalui konferensi video.

Pada pertemuan Jumat 16 Juli itu Presiden Putin menyampaikan siap bekerja sama dengan Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (Asia-Pacific Economic Cooperation/APEC) di bidang-bidang penting seperti organisasi vaksinasi skala besar, termasuk pekerja migran, serta rehabilitasi dan peningkatan kesehatan pasca COVID-19 (Corona Virus Disease 2019).

Empat vaksin virus corona dikatakan telah dibuat dan digunakan di Rusia. Semuanya aman dan terpercaya. Kualitas tinggi vaksin COVID-19 pertama di dunia, Sputnik V, hampir 70 negara telah mengkonfirmasi vaksin tersebut dan secara resmi menyetujui penggunaannya untuk vaksinasi.

Pandemi secara serius mempengaruhi semua ekonomi APEC tanpa kecuali. Jumlah total kasus di negara kami sekarang lebih dari 53 juta, dengan lebih dari 1,4 juta kematian. PDB (Produk Domestik Bruto) agregat kami turun 1,9 persen pada 2020.

Dalam menghadapi pandemi, Presiden Putin mengatakan menjadi semakin relevan untuk memperluas kerja sama antara negara-negara Asia-Pasifik dalam digitalisasi. Ia mengusulkan untuk melihat lebih luas kerja sama dalam agenda digital, termasuk bidang-bidang seperti penerapan teknologi informasi modern dalam perawatan kesehatan, pendidikan, kesejahteraan sosial, keamanan informasi, dan perlindungan data pribadi. (z/Kremlin)