Putin Klaim Rusia Negara Pertama Setujui Vaksin Virus Corona

maiwanews – Presiden Rusia Vladimir Putin mengklaim negaranya adalah yang pertama di dunia secara resmi menyetujui vaksin baru COVID-19. Pengumuman itu disampaikan dalam pertemuan dengan para menterinya Selasa 11 Agustus. Pertemuan itu ditayangkan langsung oleh televisi milik pemerintah.

Dalam pernyataannya Presiden Putin mengatakan vaksin anti Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) milik Rusia bekerja efektif dan membentuk imunitas secara stabil. Vaksin ini dikembangkan oleh Gamaleya Institute, Moskow. Vaksin tersebut dikatakan telah menjalani semua pemeriksaan untuk memastikan keamanannya.

Putri Presiden Putin sendiri telah divaksinasi pada tahap-tahap pengujian awal. Ia mengalami demam ringan pada hari pertama, tetapi suhu tubuhnya turun menjadi normal pada hari berikutnya.

Vaksin diberi nama Sputnik V sebagai bentuk penghormatan terhadap satelit buatan manusia pertama dunia, diluncurkan oleh Uni Soviet pada tahun 1957. Produksinya akan dimulai bulan depan. Vaksinasi massal akan dimulai sekitar bulan Oktober.

Petugas medis, guru, dan kelompok berisiko lainnya akan divaksinasi terlebih dahulu. Deputi PM Tatyana Golikova mengatakan vaksinasi para dokter akan dimulai Agustus ini.

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) menyebut vaksin Rusia tersebut tidak termasuk di antara sedikit vaksin yang mencapai fase tiga dan terakhir pengujian pada manusia. Fase ini biasanya berlangsung beberapa bulan dan melibatkan ribuan orang. Beberapa kalangan ilmuwan mempertanyakan langkah mendaftar vaksin sebelum uji coba tapah 3 selesai. (VoA/uh/ab)