Putin: Normalisasi Hubungan Rusia-AS Penuhi Kepentingan Kedua Negara

maiwanews – Presiden Rusia dalam pembicaraan telepon dengan Presiden amerika Serikat (AS) Joseph Biden menyampaikan bahwa normalisasi hubungan bilateral Rusia-AS memenuhi kepentingan kedua negara. Kedua negara juga dikatakan memiliki tanggung jawab khusus untuk menjaga keamanan dan stabilitas global.

Pembicaraan telepon kedua kepala negara dilakukan pada Selasa 26 Januari pukul 21:35 waktu Moskow Rusia atau Rabu 27 Januari pukul 01:35 WIB.

Dalam pembicaran telepon itu Presiden Putin menyatakan kepuasannya atas pertukaran catatan diplomatik tentang perjanjian untuk memperpanjang Perjanjian Pengurangan Senjata Strategis. Dalam beberapa hari ke depan, para pihak akan menyelesaikan prosedur yang diperlukan untuk memastikan berfungsinya mekanisme penting hukum internasional tentang pembatasan timbal balik persenjataan rudal nuklir mereka.

Mereka membahas masalah-masalah penting bilateral dan internasional serta peluang untuk bekerja sama dalam melawan masalah serius seperti pandemi virus corona, dan di bidang lain, termasuk perdagangan dan ekonomi.

Terkait masalah internasional, kedua presiden meninjau penarikan sepihak AS dari Perjanjian Open Skies, masalah pelestarian Rencana Aksi Komprehensif Bersama pada program nuklir Iran, penyelesaian domestik di Ukraina dan inisiatif Rusia untuk mengadakan pertemuan puncak permanen. anggota Dewan Keamanan PBB. (Kantor Eksekutif Kepresidenan Rusia)