Renovasi Masjid Istiqlal Rampung 100%, Siap Diresmikan Sebelum Idul Adha

maiwanews – Renovasi Masjid Istiqlal telah rampung 100 persen dan segera diresmikan sebelum Idul Adha, demikian disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono usai meninjau proses renovasi di Sawah Besar Jakarta Pusat 22 Juli.

Renovasi itu dikatakan unutk pertama kalinya dilakukan sejak 42 tahun lalu. Renovasi Nasjid Istiqlal dimulai pada Mei 2019, pengerjaannya sudah rampung dan sudah dilakukan provisional handover (PHO). Menteri PUPR Basuki mengatakan ia telah sepakat dengan Imam Besar Masjid Istiqlal agar masjid bisa digunakan saat Idul Adha. “Akan saya laporkan ke Presiden untuk menunggu waktu beliau meresmikan”, kata Menteri Basuki.

Proses renovasi dikatakan berjalan baik, beberapa pengerjaan diantaranya adalah lansekap, pencahayaan, penataan kawasan, pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, mechanical electrical plumbing (MEP), pekerjaan interior, dan signage. Keseluruhan pengerjaan menelan anggaran sebesar Rp475 miliar.

Untuk mendukung protokol kesehatan pencegahan COVID-19, akan dibangun tempat cuci tangan tambahan di beberapa tempat seperti di dekat pintu masuk dan area food stall (PKL). Sementara untuk Terowongan Silaturahmi bawah tanah (menghubungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral), direncanakan mulai dibangun pada akhir 2020 ini. Proyek ini diperkirakan membutuhkan anggaran sebesar Rp40 miliar. (KemenPUPR/Mes)