Retno Marsudi: Ventilator Bantuan AS Tiba Awal Juli

maiwanews – Retno Marsudi Kamis 11 Juni mengatakan dalam keterangan tertulisnya bahwa ventilator bantuan Amerika Serikat akan tiba awal Juli tahun ini. Menurutnya, jadwal tiba 100 unit ventilator telah dibicarakan oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Indonesia Joko Widodo Jumat 24 April lalu.

Sebelumnya, Rabu 20 Mei lalu Menlu Retno menyampaikan bahwa bantuan ventilator asal AS diperkirakan tiba di Indonesia akhir Mei atau awal Juni.

Melalui akun Twitternya Presiden Amerika Serikat (AS) Trump mengatakan telah berbicara dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan akan menyediakan ventilator untuk penanganan pasien Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) bagi Indonesia.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno mengatakan, selain dari AS dukungan berupa bantuan alat kesehatan (alkes) juga datang dari China. Bantuan dari China telah tiba pada 5 Juni 2020, terdiri atas 150 ribu alat tes PCR, 80 ribu masker medis, 1,3 juta masker bedah, 50 ventilator portabel dan lainnya.

Selain itu Indonesia juga menerima tambahan dukungan dari Jepang, melalui sejumlah organisasi seperti Asia Productivity Organisation. (Kominfo/maiwanews)