Roket Hantam Pangkalan Tempat Menampung Pasukan AS di Irak

maiwanews – Serangan roket menghantam sebuah pangkalan militer tempat menampung pasukan Amerika Serikat di Provinsi Salahuddin Irak Utara-Tengah dan sekitar Bandara Internasional Baghdad. Serangan roket dilaporkan tidak menyebabkan korban atau kerusakan material.

Pusat Informasi Keamanan Irak Rabu 9 Juni waktu setempat melaporkan serangan pertama menarget fasilitas di pangkalan udara Irak al-Balad di Provinsi Salahuddin.

Lima proyektil ditembakkan ke arah sasaran selama insiden itu, beberapa di antaranya mendarat di dekat hanggar pesawat tempur F-16 di dalam pangkalan.

Pusat informasi itu memaparkan bahwa roket-roket ditembakkan ke pangkalan dari desa-desa di sekitar Sungai Tigris di Distrik al-Khalis Provinsi Diyala, tetangga Provinsi Salahuddin.

Serangan berlanjut pada Kamis 10 Juni menggunakan pesawat tak berawak. Serangan pesawat tanpa awak ini tampaknya menargetkan pangkalan pasukan Amerika Serikat (AS) di dekat bandara Baghdad dengan roket, memicu sirene di seluruh fasilitas, demikian dilaporkan televisi al-Sumariya Irak.

Saluran televisi (TV) itu mengatakan sebuah kendaraan udara nirawak saat terbang di atas fasilitas tersebut hancur dalam insiden itu. Belum ada laporan tentang kemungkinan kerugian manusia atau material dari serangan kedua (menggunakan drone).

Sabtu 5 Juni waktu setempat atau Minggu 6 Juni dinihari WIB serangan roket menarget Pusat Dukungan Diplomatik Baghdad (Baghdad Diplomatic Support Center/BDSC). Fasilitas itu berada di bawah pengelolaan Bagian Manajemen Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Irak. Serangan ini dilaporkan tidak menyebabkan kerusakan maupun cedera. (z/Tasnimnews+m)