Roket Jatuh Dekat Kedubes Amerika di Baghdad Irak

maiwanews – Sebuah roket jatuh dekat Kedutaan Besar Amerika Serikat di kota Baghdad Irak Selasa 19 Mei. Sumber keamanan mengatakan ledakan terdengar di seluruh ibu kota Irak.

Serangan tersebut memicu sirene keamanan di kompleks Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS). Dilaporkan tidak ada korban akibat ledakan itu. Belum ada pihak mengklaim bertanggung jawab.

Sebelum insiden roket hari Selasa tersebut, beberapa serangan serupa dilancarkan terhadap kepentingan Amerika di Irak sejak Oktober. Amerika menuduh serangan-serangan itu dilakukan oleh faksi-faksi dukungan Iran di antara pasukan keamanan Irak.

Beberapa hari lalu, pemimpin tertinggi Iran Pemimpin tertinggi Revolusi Islam Iran Ayatullah Sayyid Ali Khamenei¬†mengatakan orang Amerika akan diusir dari Irak dan Suriah. “Orang Amerika tidak akan tinggal di Irak dan Suriah; mereka akan diusir”, kata Khamenei dalam konferensi video Minggu 17 Mei.

Koalisi negara-negara pimpinan Amerika menarik pasukan berkekuatan 7.500 personel di Irak tahun ini. Penarikan pasukan menyusul menurunnya ancaman dari ISIS, juga karena kesulitan melatih pasukan Irak karena penyebaran Corona Virus Disesase 2019 (COVID-19). (VoA/lt/pp)