RS Jerman: Kondisi Kesehatan Navalny Pengkritik Putin Membaik

maiwanews – Kondisi kesehatan pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny membaik, dia sekarang telah sembuh dari koma dan responsif, demikian keterangan pihak rumah sakit di Jerman tempat dia dirawat, Senin 7 September. Dia diterbangkan ke Berlin pada 22 Agustus, dua hari setelah jatuh sakit dalam penerbangan domestik di Rusia.

Pakar senjata kimia Jerman mengatakan tes menunjukkan Kritikus tajam Presiden Rusia Vladimir Putin itu telah diracuni dengan agen saraf era Soviet dari kelompok Novichok. Klaim ini dibantah Rusia dengan menyebutnya sebagai bunyi tong kosong.

Pihak rumah sakit (RS) Berlin Charite mengatakan kondisi pria berusia 44 tahun tersebut telah membaik. Pernyataan rumah sakit mengatakan Navalny merespon pembicaraan orang, tetapi konsekuensi jangka panjang dari keracunan serius masih tidak dapat dikesampingkan.

Jerman pekan lalu mengatakan bahwa uji laboratorium menunjukkan bukti bahwa dia telah diracuni dengan zat kimia saraf. Otoritas Inggris mengidentifikasi Novichok digunakan pada mantan mata-mata Rusia Sergei Skripal dan putrinya di Inggris pada 2018.

Jerman meminta penjelasan dari Moskow tentang keracunan Navalny. Namun Kremlin telah menolak klaim bahwa Navalny diracun.

Saat kasus Navalny berlangsung, kantor Kanselir Jerman Angela Merkel pada hari Senin mengindikasikan bahwa dia mungkin bersedia untuk mempertimbangkan kembali dukungannya untuk proyek pipa gas Jerman-Rusia. Proyek kontroversial ini rencananya akan membawa gas Rusia ke Jerman di bawah Laut Baltik, melewati Ukraina. Sebelumnya, Merkel telah bersikeras untuk memisahkan kasus Navalny dari proyek pipa saluran gas. (VoA)