Rusia Gelar Latihan di Belarus, Tetangga Ukraina

20220206-su30sm2-30-jan-2022
Pesawat jet tempur Su-30SM2 milik penerbangan AL Armada Baltik Rusia.

maiwanews – Rusia menggelar latihan militer di salah satu negara sekutunya, Belarus. Latihan digelar ditengah ketegangan dengan Amerika Serikat dan beberapa negara Barat terkait dugaan rencana invasi Rusia terhadap Ukraina.

Kedekatan Rusia dengan Belarus semakin erat sejak negara-negara Barat menjatuhkan sanksi kepada negara itu pasca pemilu (pemilihan umum) 2020. Banyak pihak menganggap pemilu kala itu penuh dengan kecurangan disertai tindakan kekerasan terhadap demonstran dalam aksi damainya.

Dalam latihan itu militer Rusia mengerahkan dua pesawat pengebom jarak jauh jenis Tu-22M3 berkapasitas nuklir. Pasawat-pesawat ini didampingi jet-jet tempur Su-30SM dari AU (Angkatan Udara) Rusia dan Belarus. VOA melaporkan hari Minggu siang (06/02/2022) waktu Indonesia.

Pesawat-pesawat itu melakukan patroli di wilayah udara Belarus bagian Barat selama 4 jam latihan. Sebagian wilayah Ukraina berbatasan langsung dengan negara ini.

Terkait ketegangan di perbatasan Ukraina, Sekretaris Pers Dephan AS (Departemen Pertahanan Amerika Serikat) John F Kirby mengumumkan bahwa negaranya telah menyiapkan pasukan sebagai antisipasi jika Rusia menyerang Ukraina. Hal itu disampaikan dalam konferensi pers hari Jumat dini hari (28/01/2022) WIB atau Kamis (27/01/2022).

Seorang pejabat senior Deplu (Departemen Luar Negeri) AS hari Minggu (23/01/2022) dalam pernyataannya mengatakan, sejak tahun 2014 Amerika Serikat telah menyalurkan bantuan untuk pertahanan dan keamanan Ukraina lebih dari 2,7 miliar dolar. Pihak Deplu AS meminta untuk tidak mepublikasikan indentitas pejabat tersebut. (hiu)