Rusia-Iran Tandatangani Kesepakatan Bisnis

bendera-rusia-iran-20210606
Ilustrasi bendera Rusia dan Iran.

maiwanews – Iran dan Rusia menandatangani perjanjian kerja sama perdagangan di Moskow. Penandatanganan dilakukan oleh Presiden Chamber of Cooperatives Iran Bahman Abdollahi dan Direktur Fund RC-Investments Rusia Alexander Shatirov.

Kerja sama antara kedua belah pihak bertujuan mengintensifkan kolaborasi dan kerja sama ekonomi antara perwakilan komunitas bisnis Iran dan Rusia, Tasnimnews Sabtu (21/05/2022) mengutip pernyataan Roscongress.

“Partisipasi aktif komunitas bisnis Iran baik dalam acara internasional maupun dalam proyek bersama Rusia-Iran menunjukkan minat dalam pengembangan kerja sama bilateral praktis”, ungkap Shatirov seusai penandatanganan. Menurutnya, perlu dilakukan peniingkatan mekanisme interaksi ekonomi dan memperkuat hubungan bisnis antara kedua negara.

Dubes (Duta Besar) Iran untuk Moskow Kazem Jalali pada acara tersebut mengaku ingin hubungan antar negara stabil dan komprehensif di bidang ekonomi, perdagangan, politik, budaya, dan lainnya.

“Kami ingin memperkuat hubungan bilateral di semua bidang selama bermanfaat bagi kedua negara dan kedua bangsa kami”, jelas Dubes Kazem Jalali. Ia yakin SPIEF 2022 akan membantu menjaga dan meningkatkan dinamika pembangunan positif di antara masing-masing negara.

Pernyataan Dubes Kazem Jalali merujuk pada Forum Ekonomi Internasional St Petersburg (St. Petersburg International Economic Forum/SPIEF) edisi ke-25 pada 15-18 Juni.

Pada kesempatan itu para pejabat Iran dan Rusia bertukar pandangan tentang keadaan perdagangan, kerja sama ekonomi, dan investasi saat ini antara kedua negara dan membahas cara-cara untuk memperluas interaksi. (z)