Rusia Menyerang, Ukraina Tutup Wilayah Udara

202202-tank-rusia-latihan-bersama-belarus-12feb2022wib-11feb2022kremlin
Tank Rusia dalam latihan perang bersama Belarus (Union Courage). 12 Februari 2022 WIB (11 Feb waktu Kremlin).

maiwanews – Ukraina menutup wilayah udara untuk penerbangan sipil menyusul serangan militer Rusia. Hal senada dilakukan regulator penerbangan Eropa, memperingatkan bahaya terbang di wilayah perbatasan dengan Rusia dan Belarus.

Kegiatan militer di daerah perbatasan pada Kamis (24/02/2022) terjadi setelah Presiden Rusia Vladimir mengizinkan serangan terhadap wilayah Ukraina Timur. Hal ini diperkirakan menjadi awal perang di Eropa.

Perusahaan layanan lalu lintas udara Ukraina dalam witus webnya mengatakan penutupan wilayah udara untuk penerbangan sipil mulai diberlakukan pada pukul 00:45 GMT hari Kamis.

Badan Keselamatan Penerbangan Uni Eropa (European Union Aviation Safety Agency/EASA) memperingatkan, wilayah perbatasan udara di Rusia dan Belarusia dengan Ukraina berisiko untuk dilewati. Setidaknya dalam jarak 100 mil laut dari perbatasan mereka.

Industri penerbangan semakin memperhatikan risiko penerbangan sipil sejak penerbangan Malaysia Airlines MH17 ditembak jatuh di Ukraina Timur pada 2014. (hiu)