Saeed Khatibzadeh Kecam Sanksi AS terhadap 4 Warga Negara Iran

Saeed Khatibzadeh. Sabtu 8 Mei 2021.

maiwanews – Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Iran Saeed Khatibzadeh Sabtu 4 September dalam pernyataannya mengecam keputusan pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk menjatuhkan sanksi terhadap empat warga negara Iran. Ia menyebut pemerintah AS saat ini mengulang kebijakan gagal pendahulunya.

Khatibzadeh mengatakan mereka para pendukung dari sanksi di AS telah menemukan bahwa “kotak peralatan sanksi” mereka telah menjadi kosong setelah perlawanan maksimum Iran, itulah sebabnya mereka menggunakan skenario gaya Hollywood dalam upaya untuk menghidupkan kembali suasana sanksi.

“Washington sebaiknya menyadari bahwa mereka tidak memiliki pilihan selain melepaskan kecanduannya terhadap sanksi dan menggunakan bahasa dan sikap hormat terhadap Teheran”, juru bicara itu menggarisbawahi.

Kantor Pengawasan Aset Asing Departemen Keuangan AS mengatakan dalam sebuah pernyataan pers pada hari Jumat bahwa mereka telah memberikan sanksi kepada empat orang Iran, digambarkan sebagai pejabat intelijen. Sanksi dijatuhkan atas dugaan penargetan seorang jurnalis Iran-Amerika dan aktivis hak asasi manusia. (z/Tasnim News Agency)