Safari Jurnalistik PWI, Berbagi Wawasan Media Era digital

20220815-safari-jurnalistik-pwi-di-makassar-maiwanews-prod15agu2022
Suasana Safari Jurnalistik PWI Senin, 15 Agustus 2022. (Foto: maiwanews/z)

maiwanews – Organisasi wartawan pertama di Indonesia, PWI, berbagi tips dan wawasan dalam Safari Jurnalistik. Kegiatan ini digagas bekerjasama dengan perusahaan Astra.

Pada penyelenggaraan Senin (15/08/2022) di Hotel Gammara Makassar, kegiatan dibuka Ketua PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Pusat Atal Sembiring melalui rekaman video. Acara berlangsung sejak pagi pukul 09:00 WITA hingga sekitar 17:00 WITA.

Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat, Nurjaman Mohtar dalam sambutannya meminta para wartawan harus merubah kerangka berfikirnya di era digital agar dapat bekerja secara multitasking.

Wartawan dewasa ini banyak mendapatkan informasi dari media sosial dan dituntut untuk dapat membuat konten berita menggunakan ponsel pintar (smartphone).

“Safari Jurnalistik” menghadirkan pembicara-pembicara ahli, Ahmed Kurnia misalnya, Ketua Bidang Luar Negeri PWI Pusat dan juga merupakan Direktur Sekolah Jurnalisme Indonesia. Ia membawakan materi Profesi Wartawan di Era Dinamika Media Sosial, Peluang dan Tantangan.

Wakil Sekjen PWI Pusat, Suprapto Sastro Atmojo, membawakan materi bertema Jurnalisme Era Digital. Sementara Social Media Observer, Hariqo Satrio, pada kesempatan tersebut berbagi wawasan dengan materi bertema Menangkap Peluang Bisnis di Media Sosial.

Praktisi media televisi nasional, Nurjaman Mochtar, pada safari tersebut membahas tentang Masa Depan Media: Peran Media Mainstream Berkurang.

Pada sesi akhir acara, diadakan lomba video berkelompok khusus bagi peserta dengan hadiah Rp500.000 bagi pemenang pertama, Rp400.000 juara kedua, Rp300.000 untuk video terbaik ketiga. Juara keempat hingga sepuluh masing-masing mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp150.000. (z)