Seimbangkan Pengendalian Pandemi dan Pemulihan Ekonomi

maiwanews – Pemerintah menerapkan kebijakan pengendalian pandemi COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) dan pemulihan ekonomi secara seimbang. Untuk mengendalikan pandemi, salah satu kebijakan diambil adalah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto Rabu 7 April di Kantor Presiden Jakarta mengatakan kasus aktif di Indonesia 7,4 persen, jauh lebih baik dibandingkan kasus aktif global yaitu 17,3 persen. Angka kesembuhan nasional mencapai 89,9 persen, sementara secara global berada di angka 80,5 persen.

Di bidang ekonomi, dalam menyambut bulan ramadhan, pemerintah mendorong konsumsi masyarakat dengan mendorong swasta memberikan THR (Tunjangan Hari Raya). Menko Airlangga mengatakan, dengan THR diperkirakan dana masuk ke pasar mencapai Rp215 triliun.

Masih dalam rangkaian ramadhan, pemerintah juga mendorong hari belanja nasional dengan menyiapkan dana sebesar Rp500 miliar untuk subsisi ongkos kirim terhadap pembelanjaan online. (BPMI Setpres)