Sekda Provinsi Sulsel Bahas PC-PEN dan Bansos di Rakor

Sekda Provinsi Sulsel dalam Rakor membahas PC-PEN dan Bansos di Mapolda Sulsel. Makassar Jumat 23 Juli 2021.

maiwanews РSekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Abdul Hayat Gani mewakili Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman memghadiri  Rapat Koordinasi (Rakor) Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN), penyaluran Bantuan Sosial (Bansos), Jumat 23 Juli di Mapolda Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar.

Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen Pol Drs H Merdisyam M Si menjelaskan dalam sambutannya, Rakor dengan agenda membahas soal PC-PEN dan Bansos adalah program pemerintah pusat yang diinginkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang diterapkan di provinsi sampai kabupaten kota se-Sulawesi Selatan.

Kajati Sulawesi Selatan, Raden Febritryanto, menambahkan, pihak Kajati siap membantu untuk bekerja sama dan konsultasikan jika dianggap ada kendala masalah hukum, karena Rakor ini adalah langkah untuk penanganan COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) dan penyaluran Bansos.

Kepala BPKP Sulawesi Selatan, H Arman Sahri R Harahap, berbicara, untuk mempercepat urusan yang berkaitan dengan penanganan Covid-19 bagi Kabupaten kota se-Sulawesi Selatan, yang pertama-tama sebelum pencarian dana harus di buat terlebih dahulu perhitungan dan rencana kerjanya.

Dalam sambutannya Abdul Hayat, menambahkan, untuk bantuan Bansos dibagi tiga jalur, pertama PKH (Program Keluarga Harapan), kedua BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai), ketiga BST (Bantuan Sosial Tunai).

Tambah Sekda Provinsi Sulsel, hasil Rakor ini akan ada pertemuan lanjutan untuk membahas bersama-sama skema PC-PEN dan Bansos dengan seluruh Pemerintah Kabupaten Kota se-Sulsel yang meliputi Walikota dan Bupati, dengan cara melalui Virtual.

Sedangkan Pemulihan ekonomi ada empat dinas yang secara langsung menangani hal tersebut, pertama Dinas Kesehatan, ke dua Dinas Ketahanan Pangan, ke tiga Dinas Perikanan dan Kelautan, ke empat Dinas Koperasi. (FL/Humas Pemprov Sulsel)