Sekjen NATO Tinjau Pertemuan Menteri Pertahanan Aliansi

20220317-jens-stoltenberg-16mar2022-waktu-setempat
Sekjen NATO Jens Stoltenberg dalam konferensi pers di markas besar di Brussel saat meninjau pertemuan luar biasa para menhan aliansi. Selasa, 16 Maret 2022.

maiwanews – Sekjen NATO Jens Stoltenberg meninjau pertemuan para menteri pertahanan negara-negara aliansi di Brussels. Pertemuan pada Rabu dan Kamis membahas bagaimana membuat aliansi lebih kuat dan lebih lanjut mendukung negara-negara mitra.

Menhan (Menteri Pertahanan) Ukraina Oleksii Reznikov akan bergabung malam ini untuk menyampaikan apa saja kebutuhan negaranya. Sekutu dan mitra telah memberi Ukraina peralatan militer senilai miliaran dolar, serta bantuan ekonomi dan kemanusiaan.

“Aliansi berkomitmen untuk terus menyediakan peralatan militer sebagaimanadibutuhkan Ukraina, termasuk senjata berat dan sistem jarak jauh”, ungkap Sekjen (Sekretaris Jenderal) NATO (North Atlantic Treaty Organization/Pakta Pertahanan Atlantik Utara) Jens Stoltenberg dikutip laman resmi NATO Rabu (15/06/2022) waktu sestempat.

Sekjen Stoltenberg mengatakan dia mengharapkan Sekutu akan menyetujui paket bantuan komprehensif untuk Ukraina di KTT (Konferensi tingkat Tinggi) Madrid.

Bantuan tersebut diharapkan nantinya akan membantu Ukraina untuk jangka panjang, untuk transisi dari era Soviet ke peralatan NATO modern, dan untuk meningkatkan interoperabilitas dengan NATO. Menteri Sekutu juga akan bergabung untuk diskusi mereka malam ini oleh Georgia, Swedia, Finlandia, dan Uni Eropa.

Para Menteri Pertahanan NATO juga akan membahas kebutuhan untuk secara signifikan memperkuat pencegahan dan pertahanan Aliansi. Menanggapi operasi militer Rusia ke Ukraina, jumlah kelompok tempur NATO telah berlipat ganda menjadi delapan dan lebih dari 40.000 tentara sekarang berada di bawah komando langsung NATO.

Stoltenberg menegaskan, NATO sekarang akan mengambil keputusan tentang skala dan desain postur untuk jangka panjang. Untuk memastikan bahwa aliansi dapat mempertahankan setiap inci wilayah sekutu. Dari saat pertama, setiap saat, dan melawan ancaman apa pun.

Ini berarti peningkatan besar dalam kehadiran, kemampuan, dan kesiapan aliansi. Akan lebih banyak formasi tempur dikerahkan untuk memperkuat kelompok-kelompok pertempuran di Timur, lebih banyak pertahanan udara, laut, dan dunia maya, juga lebih banyak persediaan senjata. (z)