Selesai Diperiksa, KPK Menahan Politisi Golkar Azis Syamsuddin

setya-novanto-azis-syamsuddin-maiwanews
Setya Novanto dan Azis Syamsuddin.

maiwanews – Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK pada Jumat malam menjemput paksa politisi Golkar Azis Syamsuddin di rumah dinasnya dalam kasus dugaan suap di Kabupaten Lampung Tengah.

Usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Wakil Ketua DPR RI itu langsung ditahan setelah sebelumnya dinyatakan sebagai tersangka. KPK juga mengaku sudah memeriksa 20 orang saksi dan alat bukti lain.

“Setelah penyidik memeriksa sekitar 20 orang saksi dan alat bukti lain, tim penyidik melakukan penahanan kepada tersangka,” kata Ketua KPK, Firli Bahuri dalam konferensi pers di gedung KPK Jakarta, Sabtu (25/9/2021).

Firli mengatakan, penahanan terhadap Azis Syamsuddin telah dilakukan sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku dan syarat-syarat penahanannya sudah terpenuhi.

Sudah mengenakan rompi oranye KPK, Azis Syamsuddin selanjutnya akan ditahan di Rutan Polres Jakarta Selatan hingga 13 Oktober.

Sebelumnya, Azis Syamsuddin terpaksa dijemput penyidik KPK karena mantan Ketua Komisi III DPR RI itu tidak menhadiri panggilan dengan alasan sedang menjalani isolasi mandiri usai melakukan interaksik dengan penderita covid-19.

Namun menurut Firli Bahuri, berdasarkan hasil pemeriksaan, Azis Syamsuddin dinyatakan negatif covid.