Senat AS Setujui RUU untuk Hadapi Ancaman Ekonomi China

maiwanews – Senat Amerika Serikat Selasa 8 Juni menyetujui rancangan undang-undang tentang kebijakan industri dalam upaya menghadapi ancaman ekonomi China. 68 suara menyatakan memberi suara dukungan sedangkan 32 lainnya tidak menyetujui. Para pendukung menilai langkah tersebut penting dalam menghadapi persaingan dengan China.

RUU (rancangan undang-undang) itu juga berisi aturan mengenai bantuan pendanaan lebih dari $170 miliar untuk penelitian dan pengembangan. Langkah itu diharap dapat meningkatkan kemampuan Amerika Serikat (AS) dalam menghadapi persaingan dengan China tidak hanya dalam bidang ekonomi tapi juga teknologi.

Chuck Schumer, Ketua Fraksi Dmokrat di Senat AS mengatakan undang-undang itu nantinya memberi ruang bagi Amrika Serikat untuk menignkatkan inovasi dan produksi untuk memenangkan persaingan.

Sementara Senator Republik Roger Wicker dari Mississippi menyatakan undang-undang itu membuka peluang bagi Amerika Serikat untuk menghadapi persaingan dengan China. Ini merupakan kesempatan untuk jadi penentu dalam keragaman geografis dan upaya penelitian. (z/VOA)