Serangan Roket Menarget Fasilitas Diplomatik di Baghdad Irak

maiwanews – Serangan roket dilaporkan menargetkan fasilitas diplomatik di ibukota Irak, Baghdad, Sabtu 5 Juni waktu setempat atau Minggu 6 Juni dinihari WIB. Pusat Dukungan Diplomatik Baghdad (Baghdad Diplomatic Support Center/BDSC) itu berada di bawah pengelolaan Bagian Manajemen Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Irak.

Laporan awal: Sekitar pukul 00.15 waktu setempat (hari Sabtu 21:15 GMT) fasilitas diserang oleh satu putaran roket, kicau Kolonel Wayne Marotto, juru bicara Operation Inherent Resolve (OIR), nama sandi untuk kampanye militer pimpinan AS di Irak. Di akun Tweeter-nya ia menyampaikan roket itu jatuh dekat BDSC, tidak menyebabkan kerusakan atau cedera. Serangan itu masih diselidiki.

Serangan roket meningkat dalam jumlah dan frekuensi terhadap kepentingan Amerika di negara itu sejak pembunuhan komandan senior anti-teror Iran dan Irak, Letnan Jenderal Qassem Soleimani dan Abu Mahdi al-Muhandis.

Pekan lalu, Marotto melaporkan serangan roket menarget Pangkalan Udara Ain al-Assad Irak di provinsi barat al-Anbar. Fasilitasi itu menampung pasukan koalisi. (TAsnimnews)