Serangan Roket Menarget Pangkalan Militer AS di Suriah

20210614-tentara-as-latihan-pengoperasian-howitzer-m777-di-conoco-suriah
Tentara AS sedang melakukan latihan pengoperasian Howitzer M777 di Conoco, Suriah. Senin 14 Juni 2021.

maiwanews – Serangan roket menghantam pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di provinsi timur Suriah Deir Ez-Zur. Serangan terjadi sepekan setelah serangan terhadap pangkalan al-Tanf, basis pasukan AS di Suriah Tenggara.

Empat ledakan terdengar di fasilitas AS di dalam ladang gas Conoco, Tasnim News Agency melaporkan Minggu 31 Oktober. Penyebab ledakan belum diketahui. Tidak ada laporan cedera atau kematian di antara pasukan Amerika di basis itu.

Ini adalah serangan terbaru dari serangkaian serangan terhadap pangkalan militer di bawah pengelolaan AS di bagian Timur Suriah.

Pangkalan Conoco juga merupakan tempat gerilyawan Kurdi Pasukan Demokratik Suriah (Syrian Democratic Forces/SDF), terakhir menjadi target serangan pada bulan Juli dengan mortir dan roket. Tidak ada laporan tentang korban atau kerusakan material setelah serangan itu.

20 Oktober, pangkalan al-Tanf di Suriah Selatan dihantam oleh pesawat tak berawak dan roket, juru bicara Pentagon John Kirby menggambarkannya sebagai serangan kompleks, terkoordinasi, dan disengaja. (z)