Serangan Yaman ke Arab Saudi Menarget Provinsi Jizan

maiwanews – Pasukan Yaman dibantu pejuang sekutu dari Komite Populer melancarkan serangan ke arah Provinsi Jizan di Arab Saudi, serangan udara dan darat besar-besaran itu dikabarkan menyebabkan kerugian besar bagi Kerajaan arab Saudi.

Jaringan televisi Yaman berbahasa Arab al-Masirah Jumat 28 Mei malam mengabarkan pasukan Yaman berhasil merebut kendali atas beberapa wilayaw pasukan pimpinan Saudi di Selatan Jizan, menewaskan dan melukai sejumlah besar warga Saudi. Setidaknya 40 wilayah dikuasai penuh setelah pasukan pimpinan Saudi dipaksa mundur.

Juru Bicara Angkatan Bersenjata Yaman Brigadir Jenderal (Brigjen) Yahya Saree mengumumkan pada Sabtu 29 Mei pagi bahwa pasukan tentara dan pejuang sekutu dari Komite Populer telah mencapai sasaran sensitif di pangkalan udara Raja Khalid di kota Saudi, Khamis Mushait, sekitar 884 kilometer selatan ibukota Saudi, Riyadh.

Al-Masirah mengutip pernyataan Brigjen Saree bahwa serangan Jumat malam dilakukan oleh dua drone tempur Qasef-2K (Striker-2K), drone ini dikembangkan di dalam negeri negara itu. Saree menekankan bahwa serangan itu berupakan tanggapan atas agresi dan pengepungan di negaranya.

Angkatan Udara Yaman melakukan sejumlah operasi terhadap daerah sensitif dan penting di Arab Saudi selama beberapa bulan terakhir, menargetkan Bandara Internasional Abha serta pangkalan udara di Khamis Mushait.

Yaman telah meningkatkan serangan mereka ke Arab Saudi dalam beberapa bulan terakhir, dengan mengatakan serangan balasan akan terus berlanjut selama Riyadh melanjutkan serangan udara dan blokade. (Tasnimnews)