Sesuai Tanggung Jawab, Alimin Abdullah Minta KKP Diberi Anggaran Memadai

maiwanews – Anggota Komisi IV DPR RI Alimin Abdullah meminta agar Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) diberikan anggaran yang proporsional dari pemerintah, seiring dengan bertambahnya tanggung jawab yang diemban lembaga itu.

“Komisi IV bersama-sama KKP meminta anggaran yang benar sesuai dengan tanggung jawab,” ujar Alimin Abdullah dalam Rapat Kerja dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa (30/8/2022).

Menurut Alimin, dirinya memahami begitu luasnya tanggung jawab dan liar biasanya tugas yang diberikan kementerian ini. Karena itu kata dia, tugas KKP harus didukung penuh dalam upaya peningkatan ekspor di saat Indonesia berpotensi ikut terdampak krisis pangan global.

Alimin menyayangkan, dengan anggaran yang kurang satu persen dari APBN, KKP harus memikul tanggung jawab mendukung ketahanan pangan, melindungi kedaulatan laut, sekaligus meningkatkan penerimaan pendapatan negara dari aspek kelautan dan perikanan.

Oleh karena itu, Alimin meminta kepada Presiden Joko Widodo, Kementerian Keuangan, bersama dengan Badan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) untuk mempertimbangkan penambahan anggaran di KKP.

Ke depan, politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) itu berharap KKP bisa memanfaatkan sepenuhnya potensi yang dimiliki untuk memenuhi tanggung jawab yang diemban dengan dukungan anggaran yang proporsional.

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyampaikan usulan penambahan anggaran KKP Tahun Anggaran 2023 sebesar Rp663,2 miliar. Sakti juga menerangkan terkait pagu indikatif Dana Alokasi Khusus (DAK) KKP Tahun Anggaran 2023 sebesar Rp1,23 triliun.