Sherman Sampaikan Keprihatinan atas Beberapa Tindakan China

Wamenlu AS Wendy Sherman bertemu dengan Wamenlu China Wang Yi di Beijing China. Senin 26 Juli 2021.

maiwanews – Wakil Menteri luar Negeri Amerika Serikat (Wamenlu AS) Wendy R Sherman menyampaikan keprihatinan terhadap beberapa tindakan China karena dinilai bertentangan dengan nilai dan kepentingan AS beserta sekutu dan mitranya serta merusak tatanan berbasis aturan internasional.

Juru bicara Departemen Luar Negeri (Deplu) AS Ned Price dalam keterangan persnya menyebutkan bahwa peryataan itu disampaikan Wamenlu Wendy Sherman.

Wamenlu Wendy Sherman melakukan lawatan 2 hari di China/Tiongkok 24-26 Juli untuk bertemu dengan Menlu China Wang Yi dan beberapa pejabat Republik Rakyat Tiongkok (RRT) lainnya. Dalam pertemuan dengan Wamenlu Wang Yi, keduanya membahas antara lain hubungan bilateral kedua negara.

Wamenlu Sherman menyampaikan keprihatinan tentang Hak Asasi Manusia (HAM), termasuk tindakan Beijing di Hong Kong, situasi di Xinjiang, pelanggaran di Tibet, dan pembatasan akses media dan kebebasan pers. Lebih lanjut disampaikan keprihatinan atas perilaku Beijing di dunia maya, melintasi Selat Taiwan, serta di Laut Cina Timur maupun Selatan.

Selain menyampaikan pandangan kritis, Wamenlu Sherman menegaskan pentingnya kerja sama di bidang kepentingan global, seperti krisis iklim, kontranarkotika, nonproliferasi, dan masalah regional termasuk Korea Utara (Korut) atau disebut juga DPRK (Democratic People’s Republic of Korea), Iran, Afghanistan, dan Burma.

Terkait banjir di Provinsi Henan pekan ini, Wamenlu Sherman menyampaikan belasungkawa atas jatuhnya korban jiwa maupun cedera. (z/Deplu AS)