Sidang Pemakzulan, Senat AS Nyatakan Trump tidak Bersalah

maiwanews – Senat Amerika Serikat (AS) menyatakan Donald Trump tidk bersalah. Para senator dari Partai Republik menyelamatkan mantan presiden AS tersebut pada sidang Hari Sabtu 13 Februari tersebut. Sidang digelar karena Trump dituding menghasut pendukungnya melakukan kerusuhan di Gedung Capitol Januari 2021.

Pada sidang selama 5 hari itu 57 senator menyatakan Trump bersalah, dan 43 menyatakan sebaliknya. Sedangkan untuk memakzulkan dibutuhkan dua per tiga suara dari total 100 anggota senat. 7 dari 50 Senator Republik mendukung Demokrat menyatakan Trump bersalah.

Para pengacara Trump menyampaikan argumen bahwa kata-kata Trump dalam aksi demo 6 Januari dilindungi hak kebebasan berpendapat. Donald Trump sendiri menyambut baik keputusan Senat dan mengatakan gerakan politiknya baru dimulai.

Trump turun dari jabatan pada 20 Januari, dengan demikian pemakzulan tidak bisa digunakan untuk menggulingkannya. Namun Senator Demokrat ingin Trump dinyatakan bersalah agar ia bertanggung jawab atas insiden di Gedung Capitol dimana menelan korban 5 orang tewas. (VOA)