Situasi Pandemi Covid-19 Membaik, Siap-siap Ada Event Besar Lagi

(Ilustrasi: TheDigitalArtist)

maiwanews – Salah satu sektor usaha yang paling terpukul hingga babak belur akibat pandemi covid-19 yang berkepanjangan adalah bisnis di bidang penyelenggaraan acara atau event.

Usaha di bidang penyelenggaraan acara tersebut memang salah satu yang pertama kali terkena langsung pembatasan atau larangan berkumpul melalui kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM yang sebelumnya bernama Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB.

Saat ini, pemerintah menyebut situasi pandemi covid-19 sudah membaik. Dengan demikian, dirasa perlu untuk mengkaji kemungkinan kembali membuka izin penyelenggaraan kegiatan berskala besar yang mengumpulkan orang banyak.

Kegiatan besar tersebut seperti konferensi, pameran dagang, acara olahraga, festival konser, pesta maupun acara pernikahan besar contohnya Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang sekarang sedang berlangsung.

“Mempertimbangkan perlunya kita mewadahi aktivitas masyarakat agar tetap produktif namun juga aman dari COVID-19, pemerintah kini dapat memberikan izin untuk mengadakan perhelatan dan pertemuan berskala besar yang melibatkan banyak orang,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dalam keterangannya di Jakarta.

Kebijakan tersebut kata Johnny, dimaksudkan untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional utamanya di sektor pariwisata yang diharapkan dapat menjadi mesin penggerak kegiatan ekonomi selanjutnya memberikan dampak turunan positif kepada sektor lain.

Yang penting kata Johnny, kegiatan tersebut harus mematuhi pedoman penyelenggaraan yang telah ditetapkan pemerintah terkait uapaya pencegahan penularan covid-19.