Sohibul Iman: PKS Siap Terima Cawapres Anies Baswedan dari Luar Koalisi

maiwanews – Partai Keadilan Sejahtera atau PKS siap menerima jika bakal calon wakil presiden (bacawapres) yang dipilih mendampingi Anies Baswedan sebagai bacapres bukan dari dalam koalisi.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman menjawab wartawan soal kemungkinan figur yang akan mendampingi Anies Basweda bukan dari koalisi. Menurut dia, PKS membebaskan Anies untuk memilih cawapresnya.

“Ya tentu saja (siap terima cawapres dari luar koalisi),” kata Sohibul Iman kepada wartawan di Rumah Makan Pagi Sore, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (18/11/2022).

Sohibul mengatakan, Koalisi Perubahan yang terdiri dari tiga partai yakni PKS, Demokrat dan NasDem telah sepakat untuk membebaskan Anies memilih cawapresnya sendiri.

Meski begitu kata Sohibul, sepanjang belum diputuskan, pihaknya tetap terus memperjuangkan cawapres Anies yang berasal dari dalam partai koalisi, termasuk mempersilakan Demokrat untuk memperjuangkan hal yang sama.

Sohibul mengatakan pihaknya telah memiliki alat ukur sendiri untuk memilih cawapres pendamping Anies. Diantaranya kata dia, adalah memiliki elektabilitas cawapres dan kecocokannya dengan Anies Baswedan.

Sohibul menambahkan, koalisi sepakat bahwa penentuan cawapres untuk mendongkrak kemenangan. Jadi lanjutnya, koalisi berkomitmen bahwa siapapun cawapres yang dipilih oleh Anies, dengan pertimbangan rasional.

“Itu (pertimbangan rasional) kita yakini akan membawa pada kemenangan, saya kira kami di PKS tidak ada masalah (siapapun yang memenuhi syarat),” pungkas Sohibul.